Header Ads

Jaringan Gas Muara Enim Oleh PT.Noorel Idea

 
Di Provinsi Sumatera Selatan, setelah di kota palembang, Ogan ilir, Prabumulih dan kini Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tengah membangun jaringan Gas rumah tangga di Kabupaten Muar Enim, Musi Banyuasin dan Pali.
Langkah-langkah strategis pemerintah dalam upaya pemanfaatan energi alternatif pengganti BBM merupakan peningkatan penggunaan bahan bakar gas bumi untuk sektor rumah tangga dan pelanggan kecil yang akan mengurangi konsumsi BBM sehingga dapat meningkatkan fuel security of supply, tercapainya keseimbangan energy mix dan penurunan subsidi minyak tanah.
Sebagai daerah penghasil migas, sudah selayaknya Pemkab Muara Enim mendapat dana bagi hasil yang digunakan untuk pembangunan baik fisik maupun non fisik, salah satunya pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga.
Tahap awal dari pembangunan yang kini sudah dalam tahap konstruksi oleh Penyedia jasa PT. Noorel Idea, meliputi 4785 sambungan rumah tangga yang meliputi kecamatan Muara enim dan Kecamatan Ujan Mas. Pengembangan selanjutnya akan direncanakan ke wilayah Kecamatan Tanjung Enim.
Manfaat dengan diadakannya jargas ini adalah selain mengurangi konsumsi BBM terutama minyak tanah juga pasokan yang gas yang mengalir sampai ke kompor masing-masing pelanggan juga tidak perlu khawir kalau terjadi kenaikan harga tabung dan kelangkaan tabung gas 3 kg atau 12 kg di agen pengecer.
Tingkat keamanan/safety pemakaian gas alam untuk rumah tangga tentunya sudah diperhitungkan oleh pemerintah dan  dinilai lebih aman dibandingkan dengan pemakaian LPG (Liquefied Petroleum Gas). Selain penggunaan kran valve yang berlapis juga  tekanan pipa gas jauh lebih rendah dibandingkan dengan tekanan yang dimiliki tabung LPG baik ukuran 3 kg, 12 kg maupun 50 kg. Kalau LPG habis harus dibuka pasang, sedangkan kalau jaringan gas kan tidak begitu

Tidak ada komentar